Penyambutan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Telkom

Penyambutan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Telkom

Mahasiswa S3 Inforamatika Universitas Telkom sebagai bagian dari program Pascasarjana dalam lingkungan Universitas Telkom pada hari Sabtu 11 September 2021, mendapatkan kesempatan penyambutan dengan para jajaran Rektorat, Direktorat Pascasarjana dan Advance Learning (PSAL), dan juga Kaprodi. Acara sendiri dibuka oleh rektor Universitas Telkom: Profesor Adiwijaya.

Pada kegiatan ini, mahasiswa pascasarjana diberi pembekalan dalam proses perkuliahan yang nantinya akan dilaksankan. Pembekalan ini sendiri diberikan oleh Prof. Rendi Munadi. Dalam uraiannya, Prof. Rendy Munadi memberikan berbagai arahan, termasuk tips sukses menjalankan studi di jenjang pascasarjana. Tips ini dibungkus dalam 6K:

  1. Komunikasi. Komunikasi dilakukan antara mahasiswa dengan semua dosen yang terlibat dalam studi di program pascasarjana. Komunikasi ini khususnya dilakukan oleh mahasiswa kepada dosen pembimbing.
  2. Komitmen. Mahasiswa diharapkan jangan menunda salah satu proses karena waktu studi berjalan terus menerus.
  3. Kesehatan. Mahasiswa diharapkan mampu menjaga kesehatan selama proses studi. Kesehatan yang buruk dapat menyebabkan kegagalan studi pada jenjang pasca sarjana.
  4. Keluarga. Tidak bisa dipungkiri bahwa dukungan keluarga sangat diperlukan baik dalam bentuk dukungan mental dan spiritual.
  5. Keuangan. Keuangan dalam hal ini berupa sumber dana utama seperti pembayaran uang perkuliahan, ataupun juga sumber dana alternatif.
  6. Kerja. Salah satu hal yang menjadikan mahasiswa pascasarjana gagal adalah tidak memandang studi pascasarjana sebagai sebuah pekerjaan. Dengan memandang studi pasca sarjana sebagai kerja, maka fokus utama akan dicurahkan kepada kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pascasarjana.

Dalam kelanjutan acara, mahasiswa diarahkan untuk bertemu dengan masing-masing ketua program studi (kaprodi). Agung Toto Wibowo sebagai kaprodi S3 Informatika menguraikan beberapa kejadian lucu yang menjadi pengalamannya selama studi S3. Pengalaman-pengalaman ini sendiri seperti yang tergambar dalam beberapa materi PhD Comics. Sebagai contoh, komik mengenai bagaimana kegiatan dalam satu minggu dilakukan oleh mahasiswa, serta hubungannya dengan output yang dihasilkan.

Tidak hanya itu saja, Agung juga mengutarakan beberapa-hal berkaitan dengan studi S3, seperti memperkenalkan promotor, dosen tetap program studi, dan juga staf pada Program Studi S3 Informatika.
Agung juga menambahkan informasi mengenai adanya Hibah Penelitian Disertasi Doktor yang merupakan program dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Universitas Telkom. Melalui hibah penelitian ini, mahasiswa dimungkinkan mendapatkan pendanaan dalam melaksanakan riset selama S3.

Leave a Reply

Your email address will not be published.