FAQ S3 Informatika

Q : Adakah beasiswa bagi calon mahasiswa?

A : Semua mahasiswa S3 Informatika kami sarankan untuk mengajukan proposal Penelitian Disertasi Doktor yang diselenggarakan oleh PPM Universitas Telkom. Dari skema penelitian ini, dana yang diberikan dapat dipergunakan untuk membayar BPP Perkuliahan pada semester-semester berikutnya. Sisa dana yang lain dapat dimanfaatkan untuk kegiatan penelitian selama melaksanakan studi.

Selain itu, kami juga memberikan beasiswa BPP 50% bagi alumnni S2 Informatika Universitas Telkom.

Q : Syarat mendaftar S3 Informatika apa saja sih?

A : Untuk mendaftar S3 Informatika, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain: a. IPK S2 3,25; b. TOEFL minimal 500; c. TPA minimal 500, d. proposal penelitian, e. surat kesediaan promotor, f. rekomendasi dari 2 kolega, g. surat ijin atasan, h. surat komitmen residensi. Setelah semua persyaratan dipenuhi, dapat mendaftar dan mengajukan aplikasi pada http://smb.telkomuniversity.ac.id

Q : Apakah S3 Informatika Universitas Telkom ada kuliah online?

A : Program Studi S3 Informatika adalah program studi reguler. Kami tidak membuka kelas online. Beberapa kegiatan kami laksanakan onsite di kampus Universitas Telkom, yang meliputi perkuliahan kelas, bimbingan, dan residensi.

Hanya pada masa pandemi, perkuliahan kami laksanakan secara hybrid. untuk perkuliahan kelas kami laksanakan 8 pertemuan online, dan 8 pertemuan onsite. Selama pandemi, residensi juga kami laksanakan onsite datang ke ruang residensi.

Q : Berapa hari harus melaksanakan residensi?

A : Dalam masa normal, residensi dilaksanakan 5 hari dalam satu minggu dari hari Senin-Jumat. Adapun waktu residensi adalah dari jam 08.30-17.00. Dalam masa pandemi, kami melaksanakan residensi terjadwal, dengan memperhatikan keterisian 25-50% dari kapasitas ruangan. Rata-rata selama pandemi mahasiswa melaksanakan 5 kali residensi dalam 2 minggu.

Q : Berapa biaya yang diperlukan untuk studi?

A : Mahasiswa S3 Informatika Universitas Telkom hanya perlu membayar Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP). Saat ini tahun ajaran 2021/2022 BPP yang kami pungut tiap semester adalah Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah). BPP dibayarkan per semester. Apabila lulus tepat waktu, maka diperlukan 6 semester untuk melaksanakan studi.

Selain BPP, diperlukan biaya registrasi untuk mendapatkan token pendaftaran pada website http://smb.telkomuniversity.ac.id. Besaran biaya pembelian token saat ini adalah Rp. 750.000,- (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

Biaya lain yang mungkin ada adalah biaya Ujian Disertasi yang meliputi ujian kelayakan, sidang tertutup dan sidang terbuka. Untuk besarannya akan diinformasikan setelah ditetapkan oleh institusi.

Selain biaya tersebut, tidak ada biaya lain yang diperlukan.

Q : Bagaimana mendapat kontak Promotor?

A : Calon mahasiswa mengubungi Program Studi untuk mendapatkan kontak calon promotor. Dapat melalui WA 081322513875.

Q : Kalaau daftar ko-promotor apakah ada?

A : Ada dong… coba deh dingok website kami pada menu Personil -> Ko-Promotor. Atau bisa juga menekan tautan berikut https://docif.telkomuniversity.ac.id/ko-promotor/

Q : Apakah ada matrikulasi sebelum melaksanakan perkuliahan S3 informatika?

A : Ada. Calon mahasiswa akan diminta melaksanakan matrikulasi pada MK-MK yang dirasa kurang nilainya pada Uji TPK

Q: Alur pendaftaran S3 Informatika bagaimana?

A: Secara garis besar langkah pendaftaran dapat dirangkum sebagai berikut:
1. Calon mahasiswa memastikan memenuhi syarat a. IPK > 3.25, b. TPA > 500 dan c. TOEFL > 500
2. Calon mahasiswa menyusun proposal penelitian berdasarkan interest calon promotor.
3. Calon mahasiswa mengubungi Program Studi untuk mendapatkan kontak calon promotor.
4. Calon mahasiswa mengkomunikasikan proposal ke calon promotor, sekaligus meminta usulan calon kopromotor. Perbaikan proposal didiskusikan antara calon promotor dan calon kopromotor.
5. Calon promotor memberikan surat kesediaan apabila perbaikan proposal sudah dirasa cukup.
6. Calon mahasiswa mendaftar pada sistem admisi S3 Informatika Universitas Telkom.
7. Calon mahasiswa mengunggah seluruh bukti persyaratan, termasuk surat ijin atasan dan surat kesediaan residensi.
8. Prodi menyeleksi kelengkapan administratif calon mahasiswa.
9. Prodi menjadwalkan wawancara dan uji TPK bagi calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan.
10. Calon mahasiswa dibantu panitia seleksi melaksanakan proses seleksi wawancara dan uji TPK.
11. Prodi dan panitia seleksi menetapkan nama-nama calon mahasiswa yang lolos seleksi.
12. Calon mahasiswa melaksanakan registrasi, dan matrikulasi sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.

Q : Proposalnya bahasa Inggris?

A : Baik bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris diperbolehkan.

Q: Isi proposal apa saja?

A: Propsoal penelitian yang diajukan, setidaknya memuat beberapa informasi berikut:
a. Title
b. Candidate’s name
c. Research Abstract : Detail your research in a brief description. Your abstract should be no more than 500 words. Starting with the introduction, background and motivation, problem statement, as well as your proposed solution to address the problem.
d. Background/Motivation : Detail your research background as well as why this research is important. You can add ideas indicating the problem you want to study, your research scope. You may add short descriptions detailing the previous studies and its relation with your proposed research. In particular, you may point out the gaps that your study attempts to address.
e. Related Work : Detail related works in your specific area of interest. You can include several approaches which have been done by many researchers. Make sure you have also included the advanced methodology to strengthen your research proposal.
f. Problem Statement : Detail the main problem of your study. Please ensure that you have addressed the gap among current methodology with your research topic.
g. Contribution : Highlighting all contributions you would like to make in your research.
h. Preliminary Work : Detail your previous research in this area. These include publications, experiments, projects and activities related to your research topic.
i. References : List publications you used to construct your research proposal.

Q : Uji TPK yang dilakukan pada MK apa saja?

A : Kami melaksanakan uji TPK bergantung dari peminatan yang ingin diambil oleh calon mahasiswa. Calon mahasiswa yang mengajukan peminatan Data Science, akan kami ujikan MK Statistik, Algoritma, dan Matematika Diskrit. Sedangkan Calon mahasiswa yang mengajukan peminatan Cyber Physical Systems, akan kami ujikan MK Algoritma, Jaringan Komputer, dan Sistem Digital.

Q: Siapa saja sih calon promotor dan riset mereka?

A: Saat ini S3 Informatika Universitas Telkom memiliki 5 promotor: Prof. Adiwijaya, Prof Saparudin, Prof. Suyanto, Prof. Rendy Munadi, dan Prof. Maman Abdurohman. Area riset mereka beragam, dan dapat dilihat detailnya pada tautan berikut: https://docif.telkomuniversity.ac.id/promotor/

Q : Apakah Tips dan Triks untuk sukses tembus S3 Informatika?

A : Ada dong… Tipsnya:
1. Susun proposal sebaik dan secepat mungkin.
2. Lakukan korespondensi dengan calon promotor dan calon kopromotor jauh hari sebelum masa pendaftaran seleksi
3. Lakukan test jauh hari sebelum masa pendaftaran
4. Pastikan semua persyaratan dipenuhi
5. Persiapkan keilmuan yang diujikan pada Uji TPK dengan sangat baik
6. Persiapkan diri dan slide untuk pemaparan proposal saat wawancara dengan sangat baik

Q : Apakah sertifikat TOEFL dan TPA dari institusi lain diterima pada pendaftaran?

A : Ya sertifikat dari penyelenggara resmi TEOFL dan TPA Bapennas kami terima. Kami tidak mengharuskan sertifikat TOEFL dikeluarkan dari institusi kami. Selama sertifikat masih berlaku sebelum jadwal seleksi berakhir, sertifikat TOEFL dan TPA dapat dipergunakan.

Q : Kurikulum yang ada pada S3 Informatika dapat dilihat dimana?

A : Kurikulum dan deskripsi matakuliah pada S3 Informatika dapat dilihat pada tautan https://docif.telkomuniversity.ac.id/curriculum/