Profil Lulusan

Lulusan  program  Doktor  (S3)  Informatika  Universitas  Telkom mempunyai kemampuan  untuk  melakukan  penelitian  (peneliti  utama)  dan  mengembangkan bidang  keilmuan  secara  mandiri  atau  tergabung  dalam  tim  di  lembaga  riset, Perguruan Tinggi, atau industri, serta mempunyai kemampuan kepemimpinan dan pengelolaan. Berikut adalah beberapa contoh jenis pekerjaan yang sesuai dengan karakteristik lulusan Prodi Doktor Informatika: dosen, peneliti utama, dan Chief of Technology Officer (CTO).

Capaian Pembelajaran / Program Learning Outcome (PLO)

Beberapa Aspek PLO  S3 Informatika Universitas Telkom

  1. Sikap

  2. Pengetahuan

  3. Keterampilan Umum

  4. Keterampilan Khusus

No PLOPLO
PLO 1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan: memiliki moral, etika (baik umum ataupun akademik) dan kepribadian yang bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas berdasarkan keahliannya secara mandiri; menghargai keanekaragaman agama, budaya, serta pendapat dan temuan orisinil orang lain; serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa, negara serta masyarakat luas
PLO 2Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan riset di bidang ilmu Informatika yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia.
No PLO PLO
PLO 3Menguasai teori dan filosofi dalam bidang Informatika yang mencakup bidang Sains Data dan CPS serta menerapkannya secara terstruktur dan sistematis.
PLO 4Mampu mengembangkan konsep teoritis, filosofis dan terapan bidang Informatika yang ditekuni, serta merepresentasikannya secara terstruktur dan sistematis sesuai dengan bidang fokus penelitian Sains Data dan CPS.
No PLO PLO
PLO 5Mampu menemukan atau mengembangkan teori atau konsep atau gagasan ilmiah baru dalam rangka memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan atau teknologi untuk menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah.
PLO 6Mampu menyusun penelitian secara interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin keilmuan, berupa kajian teoritis dan atau eksperimen.
PLO 7Mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris dengan baik dan benar serta mampu menulis dan menyajikan karya ilmiah yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah dipublikasikan baik secara nasional atau internasional.
No PLO PLO
PLO 8Mampu merumuskan isu terkini serta menyusun peta jalan penelitian dalam bidang penelitian yang ditekuni, dengan fokus pada bidang Sains Data dan CPS.
PLO 9Mampu merumuskan permasalahan penelitian, serta memformulasikan research gap agar menghasilkan penelitian yang orisinil dan secara signifikan dapat berkontribusi pada pengembangan keilmuan melalui kajian yang sistematis, kritis, eksploratif, inovatif baik penelitian secara mandiri maupun berkelompok pada bidang keilmuan yang ditekuni dengan fokus pada bidang Sains Data dan CPS.

Tahapan Program Doktor Informatika

Pada tahap ini, mahasiswa diwajibkan mengambil sejumlah mata kuliah wajib dan mata kuliah peminatan program studi, serta Ujian Kualifikasi. Ujian kualifikasi dapat dilaksanakan jika mahasiswa telah terdaftar dan menyelesaikan semua perkuliahan di semester 1. Tahap ini diselesaikan paling lambat 2 semester sejak mahasiswa memulai program Doktor. Mahasiswa dinyatakan lulus Tahap I jika lulus Ujian Kualifikasi. Ujian Kualifikasi merupakan ujian untuk mengetahui sejauh mana kompetensi mahasiswa dalam menguasai fundamental course atau metode-metode apa saja yang dapat digunakan untuk mendukung penelitian disertasi. Komponen penilaian Ujian Kualifikasi terdiri atas:
  1. Penguasaan materi-materi dasar yang terkait dengan persoalan yang akan diteliti.
  2. Penelaahan terhadap penelitian-penelitian terkait sebelumnya: pemahaman terhadap persoalan yang diangkat, metode-metode yang digunakan, analisis terhadap hasil, dan peluang terhadap pengembangan selanjutnya.
Pada tahap ini, mahasiswa selain diwajibkan untuk menyusun proposal penelitian, juga diwajibkan mengambil sebuah mata kuliah wajib peminatan guna mendukung proses penyusunan proposal. Tahap ini diselesaikan paling lambat 4 semester sejak mahasiswa memulai program Doktor. Mahasiswa dinyatakan lulus tahap ini jika lulus seminar proposal berdasarkan uji kelayakan proposal dari tim pembimbing dan penilai. Komponen penilaian dari Seminar Proposal adalah:
  1. Pendefinisian persoalan, termasuk justifikasi serta studi literatur terkait
  2. Rencana penelitian: metodologi, perencanaan penelitian
  3. Orisinalitas topik
  4. Ketepatan metodologi
  5. Unsur kebaruan penelitian
  6. Luaran penelitian
Pada tahap ini, mahasiswa diwajibkan melakukan penelitian dan melaporkan kemajuan penelitian secara berkala. Pada tahap ini mahasiswa juga diwajibkan untuk menuliskan dan mempublikasikan hasil penelitiannya.
Pada tahap Penelitian dan Publikasi program Doktor Informatika Universitas Telkom, terdapat 3 sub-tahap, yaitu:
  1. Penelitian Disertasi dan Seminar 1 serta Penulisan Publikasi Ilmiah 1 Pra-syarat: Lulus Ujian Kualifikasi dan Seminar Proposal Penelitian Syarat Kelulusan:
    i) Mahasiswa dapat mempertahankan metode yang akan digunakan untuk pemecahan persoalan penelitian.
    ii) Mahasiswa telah dapat melakukan eksperimen awal sesuai dengan metode yang diusulkan
    iii) Mahasiswa telah mempunyai 1 buah draft tulisan ilmiah untuk dipublikasikan
  2. Penelitian Disertasi dan Seminar 2 serta Penulisan Publikasi Ilmiah 2 Pra-syarat: Lulus Penelitian Disertasi dan Seminar 1 serta Penulisan Publikasi Ilmiah 1
    Syarat Kelulusan:
    Mahasiswa telah dapat menghasilkan sebuah kontribusi ilmiah yang dipublikasikan (status accepted) di sebuah konferensi internasional atau jurnal nasional yang bereputasi.
  3. Penelitian Disertasi dan Seminar 3 serta Penulisan Publikasi Ilmiah 3 Pra-syarat: Lulus Penelitian Disertasi dan Seminar 2 serta Penulisan Publikasi Ilmiah 2
    Syarat Kelulusan:
    Mahasiswa telah menyelesaikan rangkaian penelitian disertasi yang dinyatakan dengan sebuah kontribusi ilmiah yang dapat dipublikasikan di sebuah jurnal internasional bereputasi (draft naskah) dan dituliskan dalam buku disertasi. Draft naskah tersebut harus disetujui oleh tim pembimbing.
Pada tahap ini mahasiswa melaksanakan ujian untuk mempertahankan disertasinya serta menyempurnakan penulisan disertasinya. Pra-syarat tahap ini adalah mahasiswa sudah lulus Tahap III Penelitian dan Publikasi serta sudah mempunyai sebuah publikasi di jurnal internasional bereputasi dengan status accepted. Evaluasi  kelulusan  tahap  ujian  disertasi  ditentukan  berdasarkan  penilaian  oleh  tim pembimbing dan penguji dalam suatu sidang tertutup dan sidang promosi terbuka.

Daftar Mata Kuliah S3  Informatika Universitas Telkom

Last Update : 12 Oktober 2021

No Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS Teori Indeks Min
1CII9A3Filsafat dan Metodologi Penelitian / Philosophy and Research Methodology3B
2CII9X3 *)Matakuliah Pilihan I / Elective Courses I3B
3CII9D3Ujian Kualifikasi / Qualification exam3B
Jumlah SKS 9
Pilihan I dapat di ambil dari
CII9B3Sains Data Lanjut / Advanced Data Science3
CII9C3Sistem Fisik Siber Lanjut / Advanced Cyber Physical System3
No Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS Teori Indeks Min
1CII9X3 **)Matakuliah Pilihan II / Elective Courses II3B
2CII9G6Proposal Penelitian / Research proposal6B
Jumlah SKS 9
Pilihan II dapat di ambil dari
CII9E6Trend Terkini Sains Data / Recent Trend in Data Science3
CII9F3Trend Terkini pada Sistem Fisik Siber / Recent Trend in Cyber Physical System3
No Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS Teori Indeks Min
1CII9H5Penelitian Disertasi dan Seminar 1 / Dissertation Research and Seminar 15B
2CII9I1Penulisan Publikasi Ilmiah 1 / Scientific Publication Writing 11B
Jumlah SKS 6
NoKode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS Teori Indeks Min
1CII9J5Penelitian Disertasi dan Seminar 2 / Dissertation Research and Seminar 25B
2CII9K2Penulisan Publikasi Ilmiah 2 / Scientific Publication Writing 22B
Jumlah SKS 7
No Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS Teori Indeks Min
1CII9L5Penelitian Disertasi dan Seminar 3 / Dissertation Research and Seminar 35B
2CII9M3Penulisan Publikasi Ilmiah 3 / Scientific Publication Writing 33B
Jumlah SKS 8
NO Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS Teori Indeks MIn
1CII9N3Ujian Disertasi / Dissertation Exam3B
Jumalah SKS 3
NO Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS Teori Indeks Min
1CII8A0Matrikulasi Statistika / Statistics Matriculation0B
2CII8B0Matrikulasi Algoritma / Algorithm Matriculation0B
3CII8C0Matrikulasi Matematika Diskrit / Discrete Mathematics Matriculation0B
4CII8D0Matrikulasi Jaringan Komputer / Computer Network Matriculation0B
5CII8E0Matrikulasi Sistem Digital / Digital System Matriculation0B
Jumlah SKS 0

Deskripsi Mata Kuliah S3 Informatika – Universitas Telkom

Last Update : 12 Oktober 2021

Filsafat dan Metodologi Penelitian(CII9A3)

Matakuliah ini memuat kajian tentang isu-isu pada metodologi penelitian, jenis-jenis penelitian ilmiah, jenis-jenis publikasi ilmiah, isu plagiarisme dan etika penelitian, literature review, menyusun peta jalan penelitian, menyusun karya tulis penelitian ilmiah dalam bentuk jurnal dan disertasi.

Sains Data Lanjut (CII9B3) 

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan melakukan critical review terhadap topik-topik sains data fundamental, untuk mendukung akuisisi ilmu dan pengetahuan yang cukup dalam usulan kontribusi penelitian disertasi

Sistem Fisik Siber Lanjut (CII9C3) 

Mata kuliah ADVANCES in Cyber Physical System membahas isu-isu terkini tentang teori dan konsep cyber-physical system, mengembangkan kemampuan sistesis mahasiswa dalam menyusun peta penelitian terkni dalam bidang CPS

Ujian Kualifikasi (CII9D3) 

Ujian Kualifikasi merupakan ujian untuk mengetahui sejauh mana kompetensi mahasiswa dalam menguasai fundamental course atau metode-metode apa saja yang dapat digunakan untuk mendukung penelitian disertasi. Komponen penilaian Ujian Kualifikasi terdiri atas:
  1. Penguasaan materi-materi dasar yang terkait dengan persoalan yang akan diteliti.
    Penelaahan terhadap penelitian-penelitian terkait sebelumnya:
  2. pemahaman terhadap persoalan yang diangkat, metode-metode yang digunakan, analisis terhadap hasil, dan peluang terhadap pengembangan selanjutnya.
Ujian Kualifikasi diselesaikan paling lambat 2 semester sejak mahasiswa memulai program Doktor.

Trend Terkini pada Sains Data (CII9E3)

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan melakukan review paper terhadap topik-topik terkini dalam aplikasi sains data, serta melakukan project kecil untuk menyelesaikan persoalan nyata dengan teknik/metode sains data. penelitian disertasi.

 

Trend Terkini pada Sistem Fisik Siber (CII9F3)

Mata kuliah Recent Trend in Cyber Physical System membahas isu-isu terkini tentang teori dan konsep cyber-physical system, mengembangkan kemampuan sistesis mahasiswa dalam menyusun peta penelitian terkni dalam bidang CPS

Penelitian Disertasi dan Seminar 1 (CII9H5)

Penelitian Disertasi dan Seminar 1 merupakan rangkaian utama penelitian disertasi menuju penyelesaian penelitian disertasi program doktor. Dalam hal ini, mahasiswa doktoral diharapkan melakukan penelitian sesuai dengan yang diusulkan pada proposal penelitian. Penelitian Disertasi dan Seminar 1 dipaparkan oleh mahasiswa dihadapan Tim Penilai Ujian Kualifikasi dan Disertasi (TPUKD) terdiri dari: Tim Promotor, dosen internal.

Proposal Penelitian (CII9G6)

Dalam mata kuliah Proposal Penelitian, mahasiswa S3 Informatika diminta untuk menjabarkan rencana penelitian yang akan dilakukannya hingga program doktoral berakhir. Proposal Penelitian akan dievaluasi melalui uji kelayakan seminar proposal dihadapan Tim Penilai Ujian Kualifikasi dan Disertasi (TPUKD) terdiri dari: Tim Promotor, dosen internal.
Komponen penilaian dari Seminar Proposal Penelitian melitputi:
  1. Pendefinisian persoalan, termasuk justifikasi serta studi literatur terkait
  2. Rencana penelitian: metodologi, perencanaan penelitian
  3. Orisinalitas topik
  4. Ketepatan metodologi
  5. Unsur kebaruan penelitian
  6. Luaran penelitian
Mata kuliah Proposal Penelitian harus diselesaikan paling lambat 4 semester sejak mahasiswa memulai program Doktor.

Penulisan Publikasi Ilmiah 1 (CII9I1)

Mahasiswa doktoral harus menyelesaikan semua penelitian sesuai dengan metodologi, serta melakukan analisis terhadap hasil yang diperoleh, dan menuangkan keseluruhannya ke dalam publikasi ilmiah. Pada Publikasi Ilmiah 1 penelitian diterbitkan dan didiseminasikan dalam Konferensi Internasional.
Tim penguji akan menguji kelayakan, keabsahan, serta kontribusi ilmiah dari setiap draft publikasi sebelum proses submision, dan memberikan masukan mengenai revisi apa yang masih perlu dilakukan untuk menyempurnakan makalah.

Penelitian Disertasi dan Seminar 2 (CII9J5)

Penelitian Disertasi dan Seminar 2 dilakukan sebagai bentuk monitoring terhadap kemajuan dari apa yang sudah dilakukan sebagai hasil penelitian serta memberikan analisis sementara terhadap hasil yang sudah diperoleh. Penilaian Seminar Penelitian mencakup kedalaman materi riset, keterkaitan antara hasil riset dengan teori, dan metodologi. Penelitian Disertasi dan Seminar 2 dipaparkan oleh mahasiswa dihadapan Tim Penilai Ujian Kualifikasi dan Disertasi (TPUKD) terdiri dari: Tim Promotor, dosen internal.

Penulisan Publikasi Ilmiah 2 (CII9K2)

Mahasiswa doktoral harus menyelesaikan semua penelitian sesuai dengan metodologi, serta melakukan analisis terhadap hasil yang diperoleh, dan menuangkan keseluruhannya ke dalam publikasi ilmiah. Pada Publikasi Ilmiah 2 penelitian diterbitkan dalam Jurnal Nasional Terakreditasi / Jurnal Internasional Terindeks.
Tim penguji akan menguji kelayakan, keabsahan, serta kontribusi ilmiah dari setiap draft publikasi sebelum proses submision, dan memberikan masukan mengenai revisi apa yang masih perlu dilakukan untuk menyempurnakan makalah.

Penelitian Disertasi dan Seminar 3 (CII9L5)

Penelitian Disertasi dan Seminar 3 dalam bentuk Sidang Terbuka merupakan evaluasi terakhir dalam rangkaian seminar penelitian menuju penyelesaian disertasi dan dapat dianggap sebagai proses utama yang menguji kelayakan, keabsahan, serta kebaruan dari disertasi yang dikerjakan. Penelitian Disertasi dan Seminar 3 dipaparkan oleh mahasiswa dihadapan Tim Penilai Ujian Kualifikasi dan Disertasi (TPUKD) terdiri dari: Tim Promotor, dosen internal.
Pada Sidang Terbuka ini, calon Doktor harus sudah menyelesaikan semua tahapan penelitian beserta analisis hasil penelitian.

Penulisan Publikasi Ilmiah 3 (CII9M3)

Mahasiswa doktoral harus menyelesaikan semua penelitian sesuai dengan metodologi, serta melakukan analisis terhadap hasil yang diperoleh, dan menuangkan keseluruhannya ke dalam publikasi ilmiah. Pada Publikasi Ilmiah 3 hasil penelitian disertasi harus sudah selesai dan publikasi harus sudah diterima di salah satu Jurnal Internasional bereputasi.
Tim penguji akan menguji kelayakan, keabsahan, serta kontribusi ilmiah dari setiap draft publikasi sebelum proses submision, dan memberikan masukan mengenai revisi apa yang masih perlu dilakukan untuk menyempurnakan makalah.

Ujian Disertasi (CII9N3)

Sidang Promosi merupakan ujian terakhir dalam penyelesaian disertasi doktor. Sidang promosi juga dilaksanakan untuk menetapkan yudisium kelulusan mahasiswa program Doktor. Sidang Promosi diselenggarakan secara terbuka. Penilaian Sidang Promosi mencakup kedalaman materi riset, kemampuan analisis, kebaruan penelitian serta kontribusi pada pengembangan ilmu dan aplikasinya.

Matrikulasi Statistika (CII8A0)