Kunjungan Kerja Universitas Telkom ke Universitas Putra Indonesia Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (UPI YPTK) Padang

Kunjungan Kerja Universitas Telkom ke Universitas Putra Indonesia Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (UPI YPTK) Padang

Pada hari Jumat tanggal 31 Mei 2024, Universitas Telkom (TelU) mengadakan kunjungan kerja ke Universitas Putra Indonesia Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (UPI YPTK) Padang sebagai tindak lanjut kerjasama antara Fakultas Informatika (FIF TelU), Universitas Telkom dengan Fakultas Ilmu Komputer (FIK UPI YPTK), Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang. UPI YPTK Padang menyambut baik kedatangan tim dari TelU. Kunjungan ini bertujuan untuk penjajakan penelitian dan kerjasama antar program studi S3 pada kedua institusi. Pada acara ini juga didiskusikan pengalaman masing-masing fakultas dan prodi terkait pengelolaan program Doktor.

Peserta kegiatan dihadiri oleh Prof. Dr. H. Sarjon Defit, S.Kom, M.Sc sebagai Rektor UPI YPTK dan Prof. Dr. Yuhandri, S. Kom, M. Kom sebagai Dekan FIK UPI YPTK beserta jajarannya. Perwakilan dari Fakultas Informatika Universitas Telkom terdiri dari 3 orang yakni: Dr. Z K Abdurahman Baizal, S.Si., M.Kom (Baizal) sebagai Dekan FIF TelU, Dr. Didit Adytia, S.Si., M.Si (Didit) sebagai Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Dukungan Penelitian Telkom University FIF TelU, Agung Toto Wibowo, S.T., M.T., Ph.D (Agung) sebagai Ketua Program Studi Doktor Informatika FIF TelU sendiri berlangsung pada ruangan F9.

Sebelum pelaksanaan kegiatan, delegasi TelU diajak oleh tuan rumah UPI YPTK Padang untuk melihat berbagai fasilitas, meliputi laboratorium, perpustakaan UPI YPTK, ruang residensi program doktor FIK UPI YPTK, ruang Dekan dan dosen, serta ruang administasi. Dalam pertemuan yang berlangsung, kedua delegasi berdiskusi mengenai profil masing-masing universitas, peluang kerjasama penelitian, minat topik penelitian, serta pengelolaan program Doktoral.

Khusus pada sesi sharing program doktoral, kedua program studi doktor menjabarkan kurikulum, metode pengajaran, penelitian, serta dukungan akademik bagi mahasiswa program doktoral. Melalui pertukaran informasi ini, kedua universitas berharap dapat saling belajar dan mengadopsi praktik terbaik untuk meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian di bidang informatika. Dalam pertemuan juga dibahas mengenai peluang kerjasama antar program studi Doktor yang meliputi pertukaran penguji eksternal, serta pembimbingan bersama.

Agung selaku Ketua Program Studi S3 Informatika memberikan materi lebih spesifik mengenai program studi S3 Informatika Universitas Telkom. Prodi S3 Informatika TelU mempunyai 32 mahasiswa dengan 2 konsentrasi yaitu “Data sains & Cyber Physical System”. Agung juga menegaskan bahwa mahasiswa S3 Informatika TelU selalu memberikan progress mingguan dan melaksanakan residensi pada Senin – Jum’at. Hal ini diungkapkan Agung agar setiap mahasiswa bisa tetap konsisten dalam mengerjakan disertasinya. Tidak hanya itu mahasiswa S3 Informatika Universitas Telkom juga diwajibkan untuk bisa mengirimkan publikasi penelitian pada Jurnal Internasional Bereputasi ataupun Jurnal Internasional Terindex.

Puncak dari kunjungan ini adalah penandatanganan Implementation Arrangement (IA), sebuah dokumen penting berisi rincian rencana implementasi kegiatan kerja sama berdasarkan MoU yang telah disepakati sebelumnya. Penandatanganan IA ini mengukuhkan komitmen kedua universitas untuk merealisasikan berbagai kegiatan kerja sama yang telah direncanakan.

Kunjungan ini merupakan langkah penting dalam memperkuat hubungan kerja sama antara Universitas Telkom dan Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang. Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, kedua universitas berkomitmen untuk terus bekerja sama dalam menciptakan pendidikan yang unggul dan berdaya saing tinggi.