Prodi S3 Informatika Mencetak Sejarah dengan Menggelar Sidang Terbuka Disertasi Pertama di Universitas Telkom

Prodi S3 Informatika Mencetak Sejarah dengan Menggelar Sidang Terbuka Disertasi Pertama di Universitas Telkom

Pada hari Selasa, 16 Juli 2024 Program Studi S3 Informatika untuk pertama kalinya dalam sejarah selama Universitas Tekom berdiri, menggelar Sidang Terbuka Doktor. Sidang Terbuka Doktor ini dilaksanakan di Auditorium Telkom University Lantai 16 Telkom University Landmark Tower (TULT) dengan Promovendus adalah Aji Gautama Putrada (Aji). Dalam sidang terbuka ini, Promovendus mempertahankan disertasi doktor dengan judul disertasi “Activity Recognition yang Novel dengan Sensor Passive Infrared (PIR) pada Smart Lighting untuk Meningkatkan User Comfort”. Disertasi ini sudah dilaksanakan oleh Promovendus dengan Promotor yang diketuai oleh Prof. Dr. Maman Abdurohman S.T., M.T (Prof Maman) yang bekerjasama dengan Kopromotor I yakni Dr. Doan Perdana, S.T., M.T (Dr. Doan) dan Kopromotor II yakni Hilal Hudan Nuha, S.T., M.T., Ph.D (Dr. Hilal).
Pemaparan Promovendus mendapatkan banyak pertanyaan dari penguji eksternal dan internal Universitas Telkom. Bertindak sebagai penguji eksternal dalam Sidang Terbuka ini yakni Arif Sasongko, S.T, M.T, Ph.D (Dr. Arif) dari Institut Teknologi Bandung. Sedangkan Penguji internal yang ditugaskan oleh Program Studi S3 Informatika adalah Prof. Dr., Ir., Rendy Munadi (Prof Rendi) dan Dr. Bayu Erfianto, S.Si., M.Sc (Dr. Bayu). Pada Sidang Terbuka Doktor ini diketuai oleh Prof. Ir. Ari Moesriami Barmawi, M.Sc., Ph.D. (Prof Ari).
Dalam pemaparannya Promovendus memberikan penjabaran terkait smart lighting, permasalahan yang dihadapi oleh smart lighting dan. Secara mudah, penelitian dalam smart lightning berfokus pada bagaimana lampu dapat berkomunikasi dengan device lain melalui jaringan internet. Dalam kasus Promovendus, konektifitas lampu dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan beberapa aspek baik itu intensitas, maupun warna dari lampu. Selain itu konsep smart juga dapat diarahkan kepada pengaturan jadwal menyala ataupun mati dari sebuah lampu. Pengaturan ini tentunya dapat berefek kepada keamanan yang ada bagi rumah yang mengimplementasikan smart lightning. Disisi lain, dengan adanya smart lightning diharapkan pula konsumsi energy lampu dapat dihemat. Sebagai cotoh pada siang hari, dengan adanya smart lighting, intensitas cahaya dapat diatur sehingga dapat dikombinasikan dengan cahaya alam.


Kelebihan yang ada di atas, tentunya tarik ulur dengan kekurangan yang ada. Salah satunya adalah tingkat kenyamanan manusia bisa saja berkurang. Pengurangan kenyamanan ini bisa terjadi saat tiba-tiba lampu mati, padahal aktifitas sedang dilaksanakan. Salah satu solusi yang sudah diimplementasikan adalah dengan pemanfaatan sensor yang dikombinasikan dengan sebuah pembelajaran mesin. Dalam disertasinya, Promovendus berkeinginan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna yang memanfaatkan smart lighting.
Smart lighing sendiri memiliki beberapa kunci agar dapat diimplementasikan. Kunci ini antara lain: a. LED lighting, b. sensor and control, c. connectivity, d. analytics, dan e. intelligent. LED lighning menjadi syarat pertama pada smart lightning. Hal ini dikarenakan dengan adanya LED kita dapat mengatur tingkat kecerahan sesuai yang dibutuhkan. Sensor dan kontrol menjadi komponen penting berikutnya. Dengan adanya sensor, kita dapat mengumpulkan data untuk dapat dipergunakan sebagai input bagi controller. Controller inilah yang nantinya mengatur pencahayaan sesuai dengan kebutuhan. Connectifity menjadi komponen penting apabila smart lighning akan dipergunakan untuk mengontrol dari jarak jauh, ataupun memelukan keterhubungan dengan device lain. Analitics dipergunakan untuk mengetahui aktifitas dari lighting yang ada, konsumsi energy dan beberapa hal penting lain yang diperlukan. Sedangkan intelligent menjadi penyokong controller dalam mengendalikan pencahayaan secara smart.

Setelah Promovendus selesai mempresentasikan disesertasinya, Prof. Ari selaku ketua sidang mempersilakan kepada Tim penguji dan Tim Promotor untuk bertanya terkait disertasi nya Promovendus. Pada sesi ini Tim penguji memberikan pertanyaan yang cukup membuat Promovendus sedikit gerogi. Pertanyaan dari Dr. Arif misalnya sebagai Penguji Eksternal menanyakan alasan arsitektur CIMA, KNN kenapa dianggap lebih baik daripada decission tree, padahal perbedaannya marginal. Pertanyaan ini dijawab oleh promovendus dengan menunjukkan bagaimana evaluasi terhadap perbedaan arsitektur tersebut yang diimplementasikan dalam smart lighting. Berlanjut dengan Penguji Internal, Prof. Rendy mempertanyakan hubungan antara akurasi dengan tingkat kenyamanan pada implementasi smart lightning, yang dijawab dengan meyakinkan oleh Promovendus dengan analisa data terhadap respon kenyamanan penggunaan teknologi smart lighting yang dikembangkan Promovendus.
Dalam perjalanan Studi Doktoral, Promovendus mampu menerbitkan 19 publikasi, dengan 4 di antaranya dipublikasikan pada Jurnal Internasional Berreputasi. Capaian ini sendiri merupakan capaian istimewa yang melengkapi capaian nilai IPK sempurna 4.00 yang ditorehkan Promovendus. Dengan capaiannya itu, Promovendus pada Sidang Terbuka ini dinobatkan sebagai Lulusan Doktor berpredikat kelulusan Dengan Pujian (Cum Laude). Keputusan ini diumumkan oleh Prof. Ari sebagai Ketua Sidang.
Di akhir Sidang Terbuka, Prof. Maman menginformasikan bahwa Promovendus adalah tim riset beliau yang sudah bekersa sama selama 3 tahun. Smart Lighting sendiri menjadi bidang dari Promovendus sebelum disertasi dilaksanakan. Prof maman juga menjabarkan bahwa Promovendus mengembangkan penelitian menjadi lebih advance sehingga dalam bentuk penelitian disertasi. Dengan ketrampilan Promovendus yang luar biasa dalam penulisan paper terbukti mempercepat proses pelaksanaan disertasi.
Agung Toto Wibowo sebagai Ketua Program Studi S3 Inforamtika meucapkan selamat kepada Dr. Aji Gautama Putrada atas keberhasilan nya dalam mencapain gelar doktor. Agung mengungkapkan bahwa ini adalah gelar doktor yang dikeluarkan oleh Prodi S3 Informatika pertama kalinya dan kebutulan ini adalah lulusan S3 pertama di Telkom University sejak awal berdidinya kampus ini. Kelulusan ini tentunya merupakan pencapain yang luar biasa menurut karena dengan pencapaian ini akan mendukung pencapain visi misi dari Universitas Telkom. Di S3 Informatika saat ini ada banyak sekali mahasiswa yang sedang melaksanakan studi dan insyallah dengan capaian ini, promovendus akan bisa memotivasi rekan-rekan nya agar lulus tepat waktu sehingga nanti lulusan-lulusan Program Sudi S3 Informatika di kemudian hari akan meningkat.
Dalam wawancara di akhir Sidang Terbuka, Promovendus menyampaikan bahwa sebagai lulusan pertama banyak hal dipelajari di program S3. Dahulu Promovendus pada S1 dan S2 saya tidak sehebat sekarang. Ini menjadi bukti dukungan penuh dari keluarga terutama istri, yang memberikan ijin residensi malam hari jadi saya berangkat sore-sore pulang malam. Sebagai gantinya, Promovendus selama studi menyeimbangkan dengan mengantar anak pergi ke sekolah. Promovendus memberikan kredit keberhasiln dan kesuksesan yang diraih disebabkan oleh 90% dukungan keluarga terutama istri Promovendus.